POTENSI DAMPAK LINGKUNGAN DALAM AUDIT KETIDAKSESUAIAN PEMANFAATAN RUANG (KASUS KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL)

Authors

  • Lina Wahyuni Institut Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37412/jrl.v2i2.8

Keywords:

audit, analisis spasial, dampak lingkungan, ketidaksesuaian pemanfaatan ruang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil analisis dampak lingkungan dalam audit tata ruang di sebagian Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Kecepatan pertumbuhan alih fungsi lahan dan perkembangan sebaran bangunan fisik seperti permukiman, industri, jasa dan niaga yang tidak terkendali dan tidak sesuai dengan peruntukan pemanfaatan ruang, menjadi suatu permasalahan yang dihadapi di sebagian wilayah penelitian. Kasus yang sering dijumpai terutama pada kawasan bantaran sungai, yang seharusnya dilindungi, dimanfaatkan sebagai permukiman, bangunan wisata, industri, perkantoran dan niaga. Demikian pula pada kawasan konservasi atau ruang terbuka hijau sebagai sumber air dan penyimpan sumber air permukaan dapat berubah menjadi kawasan hunian.

Desakan-desakan terhadap alam, juga dapat menyebabkan maraknya bencana alam. Sehingga audit tata ruang diperlukan untuk mengetahui kesesuaian pemanfaatan ruang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis spasial dan analisis dampak lingkungan. Analisis spasial digunakan untuk mengetahui ketidaksesuaian pemanfaatan ruang, sedangkan analisis dampak lingkungan digunakan untuk mengetahui dampak lingkungan atas adanya ketidaksesuaian pemanfaatan ruang yang dihasilkan dari analisis spasial tersebut. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat ketidaksesuaian pemanfaatan ruang dengan potensi dampak yang ditimbulkan yakni berupa: peningkatan jumlah timbulan air limbah, peningkatan timbulan sampah, perubahan debit banjir.

References

Agus Eko Raharjo (2015). Dampak Konversi Lahan Terhadap Lingkungan Lahan Pertanian dan Strategi Adaptasi Petani di Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Bappeda Kabupaten Bantul (2018). Rencana Detil Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kecamatan Kasihan Tahun 2018-2038. Chafid Fandeli (1995). Audit Lingkungan. Yogyakarta.

Hadi Sabari Yunus (1987). Permasalahan Daerah Urban Fringe dan Alternatif Pemecahannya. Yogyakarta: Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada..

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (2017). Permen No 17 tahun 2017 tentang Pedoman Audit Tata Ruang. Jakarta.

Retna Handayani (2013). Evaluasi Penggunaan Lahan di Kecamatan Bantul Berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah. Skripsi. Universitas Gdjah Mada.

Setiaji, I., 2011, Pembuatan Peta Perubahan Penggunaan Lahan Pertanian Tahun 2005 Sampai Tahun 2011, Skripsi, Jurusan Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Setiyadi, A., 2005, Evaluasi Perubahan Penggunaan Lahan Menggunakan Data Citra Satelit Quickbird 2011 dan Orthofoto 1996 Daerah Ring Road Selatan, Skripsi, Jurusan Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Syahid, L., 2003, Pemanfaatan Citra Digital Quickbird untuk Evaluasi Rencana Umum Tata Ruang Kota, Skripsi, Jurusan Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Undang-undang No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Yogiatma (2012). Pemanfaatan Citra Worldview II Untuk Identifikasi Kualitas Lingkungan Permukiman di Kecamatan Gondomanan Kota Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-12-24

Issue

Section

Articles