OPTIMALISASI PELAYANAN DENGAN METODE ANTRIAN PADA SPBU ABC

Authors

  • Alloysius Vendhi Prasmoro Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Murwan Widyantoro Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Warniningsih Warniningsih Fakultas Teknologi Sumber Daya Alam, Institut Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37412/jrl.v20i1.41

Keywords:

Teori Antrian, Multi Channel- Single Phase, jalur pelayanan, waktu menunggu, rata-rata pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah jalur fasilitas yang optimal dan kinerja waktu pelayanan yang optimal pada jalur antrian sepeda motor yang ada pada SPBU ABC. Metode analisis yang digunakan adalah analisis teori antrian dan dianalisis sebagai model multi channel-single phase. hasil dari penelitian pada SPBU ABC dengan menggunakan analisis teori antrian yaitu dengan perhitungan model multi channel-single phase. menunjukkan bahwa setelah dianalisis dengan penambahan jalur pelayanan dan juga operator bisa lebih optimal dan dari segi waktu pelayanan dari yang awalnya satu jalur pelayanan menjadi dua jalur pelayanan dan rata-rata intensitas pelayanan yang awalnya 98% menjadi 34% untuk rata-rata pelanggan dalam antrian 46 orang menjadi 1 orang dan untuk rata-rata pelanggan dalam sistem 47 orang menjadi 2 orang dan untuk rata-rata  waktu menunggu dalam antrian dari 58,7 menit menjadi 0,38 menit kemudian untuk rata-rata menunggu dalam sistem 60 menit menjadi 1,6 menit. Untuk itu dengan sistem multi channel single-phase atau penambahan menjadi dua jalur dari segi waktu menjadi lebih optimal.

References

Arum, P.R., Sugito. & Wulandari, Y. (2014). Analisis Sistem Antrian Pelayanan Nasabah Bank X Kantor Wilayah Semarang. Journal GAUSSIAN, Vol 3, No 4.

Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Jawa Barat. (2016, 1 Januari). Jumlah kendaraan bermotor menurut jenis tahun 2011-2015. Diakses tanggal 25 Maret 2019 dari http://www.bps.go.id/:

Febriani, D. & Sahid. (2018). Analisis Antrian Sistem Layanan Mandiri Pada SPBU Adicipto Yogyakarta. Journal Pendidikan Matematika dan Sains, Vol 7, No 3.

Feriyanto, E. J., Insani, N. & Subekti, R. (2016). Optimasi Pelayanan Antrian Multi Channel (M/M/c) Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Sagan Yogyakarta. Journal Pendidikann Matematika & Sains.

Hasian, D.P., Putra A,K. (2010). Simulasi Pelayanan Pengisian Bahan Bakar Di SPBU Gunung Pangilun. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 9 No.1.

Jaelani, E. (2015). Optimalisasi Sisitem Pelayanan Untuk Mengurangi Antrian Dengan pendekatan Pendekatan Simulasi Menggunakan Software PRO MODEL (Studi Kasus Pada SPBU Kadipaten, Majalengka). Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi Vol. 7 No. 1

Jaman, J. H. (2014). Penerapan Multiple Channel Model M/M/1 Antrian Pendafttaran Di Rumah Sakit MNX. Journal Teknik Informatika, Vol. 3 No. 1 Tahun 2014

Lusiani, M. & Irawan, R.A. (2016) Analisis Sistem Antrian Pada Bengkel Mobil Menggunakan Simulasi. Journal of Industrial Engineering & Management Systems, Vol. 9, No 2.

Mukhlizar. (2016). Simulasi Sistem Antrian pada SPBU 14.236.100 Menggunakan Promodel . Journal Optimalisasi, Vol 2, No 3.

Mayangsari, Y. Prastiwi E,H. (2016). Sistem Antrian Teller Bank Mandiri Sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Kecepatan Transaksi. Journal Ekonomi & Bisnis, Volume 1, Nomor 1.

Permatasari, S.R., Helmi. & Perdana, H. (2017). Sistem Antrian Pengisian Bahan Bakar Sepeda Motor Pada SPBU PT. Fikri Darmawan Kabupaten Lawi. Jurnal Bimaster, Vol 6 No 2.

Downloads

Published

2020-09-09

Issue

Section

Articles