PEMBUATAN TAS MENGGUNAKAN SAMPAH PLASTIK RUMAH TANGGA DUSUN GONDANGLUTUNG DONOHARJO NGAGLIK SLEMAN

Authors

  • Basuki Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Yogyakarta

Keywords:

Sampah rumah Tangga, Tas, Ekonomi

Abstract

Masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat sampah diantaranya sebagai perkembangan vector penyakit yaitu Lalat, Kecoak dan Tikus. Perkembangan vector penyakit ini akan mempengaruhi kondisi Kesehatan warga diantaranya adanya penyakit Diare, Desentri, Leptopirosis. Masalah estetika dilingkungan diantaranya yaitu mengganggu pemandangan dan ketidaknyamanan sehingga akan menimbulkan efek negative. Dalam pengabdian masyarakat dengan Judul pembuatan tas Menggunakan Sampah Rumah Tangga dusun Gondanglutung Donoharjo Ngaglik Sleman. Sampah yang semakin hari semakin menumpuk dan sulit ditangani merupakan permasalahan tersendiri baik darisegi kesehatan, estetika juga keuangan.

Metode untuk memanfaatkan plastik bekas menjadi barang yang berguna secara ekonomis serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menciptakan lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar khususnya mempersiapkan masyarakat sebagai pelaku wirausahawan dalam pembuatan tas dari sampah rumah tangga..

Hasil pengabdian masyarakat, bahwa masyarakat sangat antusias untuk memanfaatkan sampah rumah tangga khususnya sampah plastic menjadi kerajinan tas. Dengan adanya penyuluhan maka masyarakat akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan akan mengurangi timbulan sampah.

Published

2023-11-17

Issue

Section

Articles